Seperti halnya dengan mesin pada umumnya, genset atau generator set juga bisa mengalami penurunan performa mesin, terlebih jika penggunaan genset dilakukan secara terus menerus tanpa disertai perawatan yang memadai, walaupun kualitasnya sangat baik mesin genset perkins akan tetap mengalami kerusakan. Maka dari itu Anda perlu tahu bagaimana cara merawatnya.

Kerusakan genset

Sebelum mengetahui cara perawatannya, perlu diketahui juga ciri kerusakan yang biasanya terjadi pada genset, hal ini diperlukan agar Anda bisa segera melakukan tindakan yang tepat dan dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Kerusakan yang biasanya terjadi pada genset diantaranya mesin yang tidak dapat dinyalakan, atau bisa saja mesin yang mati saat genset sedang digunakan, kerusakan yang lain ditandai dengan daya mesin yang hilang dan juga keluarnya asap tebal yang berwarna hitam dari mesin.

Perawatan genset perkins

Oleh karena kerusakan yang bisa saja terjadi kapanpun, maka perawatan genset perlu Anda lakukan secara rutin baik dalam kurun waktu harian, mingguan, maupun bulanan. Banyak sekali yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan ini. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan perawatan rutin adalah.

  1. Peletakan genset

Kestabilan pondasi pada tempat untuk meletakan genset perlu diperhatikan dengan baik, karena getaran yang dihasilkan saat genset dinyalakan bisa membuat pondasi bergeser dari tempatnya. Selain itu, genset juga perlu diletakan di tempat yang tidak terjangkau air maupun panas matahari.

  1. Kebersihan genset

Agar genset bisa tetap bekerja secara optimal, maka Anda harus secara rutin membersihkannya dari debu, air, minyak, maupun kotoran lainnya. Kotoran sekecil apapun jika terus dibiarkan saja dapat menimbulkan kerusakan yang menghambat kinerja mesin.

  1. Spare part genset

Selain faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja genset, spare part genset seperti filter oli, radiator, fuel filter, filter udara dan komponen lainnya  yang sudah digunakan dalam waktu lama juga dapat menimbulkan kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus rajin memeriksa kelayakan spare part,apakah ada yang perlu diganti atau tidak. Jika ada yang mengalami penurunan kinerja atau bahkan kerusakan maka harus segera diganti agar tidak merusak komponen lainnya.

  1. Pemeriksaan bahan bakar secara berkala

Selain memeriksa kebersihan dan kelayakan spare part, Anda juga harus memeriksa bahan bakar genset untuk memastikan ketersediaannya. Bahan bakar harus tetap terisi agar genset dapat beroperasi dengan baik. Selain itu, perlu juga dilakukan pemanasan mesin sekitar 10-15 menit secara rutin.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat genset perkins supaya mesin bisa bertahan lama. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang mudah Anda bisa memenuhi persediaan listrik cadangan untuk rumah ataupun keperluan lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *