Jenis bearing SKF memang memiliki banyak jenisnya. Bearing sendiri adalah salah satu komponen yang ada di kendaraan, seperti motor.  Perlu Anda ketahui, jika bearing sepeda motor bisa rusak atau tidak bekerja secara maksimal. Untuk mengatasi kerusakan bearing, maka Anda perlu tahu ciri-ciri dari bearing yang sudah tak bisa bekerja secara maksimal.

Ciri Bearing Motor yang Rusak 

Agar kerusakan pada bearing tak makin parah, maka Anda perlu tahu tentang ciri-ciri bearing motor yang rusak. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pengendara motor. 

  1. Bagian Kemudi Terasa bergetar

Ciri pertama yang bisa menjadi indikasi bahwa bearing motor rusak adalah bagian kemudi yang terasa bergetar. Nah, jika Anda sudah merasakan bagian kemudi yang tidak nyaman lagi seperti adanya getaran, maka ada baiknya Anda segera membawa motor Anda ke servis atau bengkel motor. 

Sebab jika dibiarkan tentunya akan berakibat fatal dan sangat berbahaya bagi pengendara atau penggunaan jalan lainnya.

  1. Kemudi Terasa Berat

Tak hanya sekedar bergetar, kemudi yang terasa berat pun bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada bearing. Kemudi atau setir bisa menjadi berat sebelah. Jika terjadi demikian, maka tentunya akan membuat Anda sulit untuk mengendarai sepeda motor sebab setir tak bisa Anda kontrol dengan baik. 

  1. Roda Depan Motor Terasa Bergoyang .

Tak hanya kemudi saja yang tak terasa nyaman, tapi roda bagian depan motor pun akan terasa bergoyang sehingga motor tak akan nyaman untuk dikendarai.  Dengan roda bagian depan yang bergoyang maka akan membuat laju sepeda motor Anda tidak stabil, dan tentunya akan sangat berbahaya bagi pengguna motor.

  1. Muncul Suara Keras

Ciri selanjutnya yang bisa menjadi penanda bahwa bearing motor Anda rusak adalah munculnya suara keras dari bagian depan roda motor. Suara keras bisa muncul saat motor melewati jalan yang rusak.  Jika Anda mengendarai motor dengan laju yang cepat, maka suara keras ini bisa semakin jelas.

Itulah beberapa ciri-ciri dari bearing yang rusak. Jika bearing sepeda motor Anda rusak, maka tak ada salahnya untuk mencari jenis bearing SKF yang sesuai untuk sepeda motor Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *