Minyak gemuk bearing industri memang dibutuhkan agar mesin-mesin yang terdapat di dalam kegiatan industri bisa berjalan dengan semestinya. Seperti yang sudah diketahui, keberadaan mesin industri ternyata mempunyai peran cukup penting agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan semestinya.

Itulah mengapa memberikan perawatan khusus pada mesin industri wajib dilakukan untuk menjaga fungsi mesin agar tetap baik. Selain menjaga alatnya, anda juga harus melakukan pengecekan secara rutin pada cairan kimia didalamnya termasuk minyak gemuk bearing atau pelumas mesin industri.

Perlu diketahui apabila keberadaan minyak gemuk atau grease ternyata mempunyai peran cukup penting dimana akan mempengaruhi usia mesin serta hasil produksi nantinya. Tetapi bagaimanakah cara memilih grease yang benar dan berkualitas?

Tips Memilih Minyak Gemuk Bearing Terbaik

Dalam memilih minyak gemuk bearing industri sebaiknya memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apabila sampai salah dalam memilih minyak pelumas gemuk ternyata bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin industri. Maka dari itu, simak penjelasan berikut ini.

  1. Kenali Mesin Produksi Dahulu

Hal paling utama yang wajib dilakukan adalah mengenali mesin produksi terlebih dahulu. caranya cukup mudah yakni dengan membaca petunjuk dari user guide mesin industri bersangkutan. Cobalah mencari tahu bagian manakah yang mempunyai keterkaitan dengan minyak gemuk alias oli yang dibutuhkan. Sebab tidak semua minyak cocok untuk mesin.

  1. Tingkat Kekentalan 

Cari Tahu pula bagaimanakah tingkat kekentalan dari minyak gemuk tersebut. adapun tingkat kekentalan biasanya akan ditampilkan dengan kode SAE 30 ataupun SAE 40. Biasanya semakin rendah SAE-nya maka semakin encer. 

  1. Perhatikan Sertifikat API

Jangan sampai lupa buat melihat bagaimanakah sertifikat API atau American petroleum Institute. Dimana ini merupakan instansi yang bertugas buat menguji bagaimanakah kualitas dari pelumas. Pastikan anda memilih pelumas dimana sudah lolos dengan standar API. 

Agar mesin-mesin industri bisa berjalan dengan baik, maka penggunaan minyak pelumas gemuk bisa menjadi pilihannya. Namun, pastikan apabila anda memilih minyak gemuk bearing industri yang terbaik agar mesin tetap bekerja secara optimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *